Senin 04 Jan 2016 09:00 WIB

Rawabi, Kota Modern Kebanggaan Palestina

Rep: wachidah handasah/ Red: Damanhuri Zuhri
Rawabi dilihat dari atas (ilustrasi)
Foto: gulf-times.com
Rawabi dilihat dari atas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak lama lagi Palestina akan memiliki sebuah kota modern. Memiliki gedung-gedung apartemen menjulang tinggi, mal, dan sebuah balai sidang (convention center), kota yang lokasinya tak jauh dari Kota Ramallah, Tepi Barat, itu akan menjadi simbol kebanggaan bangsa Palestina.

Rawabi, demikian nama kota itu. Beberapa hari lalu, proses pembangunan kota ini masih berlangsung. Selembar bendera raksasa Palestina tampak berkibar gagah di titik tertinggi kawasan ini.

Bendera itu seakan-akan berkata kepada orang-orang Yahudi bahwa bangsa Palestina bisa membangun sebuah kota modern.Tak jauh dari Rawabi, memang terdapat banyak permukiman yang dibangun Israel untuk warga Yahudi.

Jika sudah selesai dibangun, Rawabi akan menjadi kota Palestina pertama yang dibangun setelah Israel mencaplok Tepi Barat pada 1967. Bagi bangsa Palestina, Rawabi lebih dari sekadar kompleks real estat dan perbelanjaan.

''Ini (Kota Rawabi) mengandung pesan bahwa kami pun dapat membuat sesuatu yang membanggakan di atas tanah kami sendiri,'' kata Bashar Mashri, pria Palestina-Amerika yang terlibat langsung dalam pembangunan proyek ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement