Sabtu 30 Apr 2016 04:11 WIB

Puluhan Pemukim Israel Serbu Masjid Al-Aqsa

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Ani Nursalikah
Umat Muslim Palestina menjalankan ibadah Shalat Jumat di pelataran Masjid Al Aqsa, (11/7).
Foto: AP
Umat Muslim Palestina menjalankan ibadah Shalat Jumat di pelataran Masjid Al Aqsa, (11/7).

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Puluhan pemukim Yahudi pada pekan ini memaksa masuk ke kompleks Masjid al-Aqsa Yerusalem Timur. Mereka melakukan ritual Talmud di lingkungan rumah suci umat Islam tersebut. 

“Situasi di Masjid al-Aqsha kali ini sangat berbahaya. Para pemukim Yahudi kembali mencoba menyerbu masuk ke kompleks masjid ini,” kata Direktur Masjid al-Aqsa, Syekh Omar al-Qiswani, seperti dilansir dari Anadolu, Jumat (29/4).

Ia menuturkan, kelompok pemukim Zionis telah menyerukan kepada orang-orang Yahudi untuk memasuki kompleks al-Aqsa selama perayaan Paskah. Tahun ini, perayaan tersebut berlangsung dari 22-30 April. 

Berdasarkan pantauan Anadolu, sekitar 750 pemukim mulai menyerbu kompleks Masjid al-Aqsa sejak awal liburan Paskah pada Ahad (24/4) lalu. “Kami mengimbau segenap dunia Islam untuk mengambil tindakan dan menghentikan provokasi Israel yang terus mencoba ‘menyerang’ Masjid al-Aqsha,” ujar Al-Qiswani.

Bagi umat Islam, Masjid al-Aqsa adalah tempat suci ketiga setelah Makkah dan Madinah. Sementara, kalangan Zionis mengklaim lokasi masjid tersebut sebagai Kuil Solomon, situs kuno Yahudi yang dibangun pada zaman lampau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement