Sabtu 18 Jun 2016 07:19 WIB

Sejarah Hari Ini: Pesawat Tiba-Tiba Jatuh di Bandara Heathrow London

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi Pesawat Jatuh
Foto: Antara/muhammad Iqbal
Ilustrasi Pesawat Jatuh

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah kecelakaan yang terjadi pada pesawat jet Trident terjadi di Bandara Heathrow, London pada 18 Juni 1972. Dalam peristiwa ini, sebanyak 118 orang tewas. 

Kecelakaan terjadi saat pesawat lepas landas. pada waktu tersebut, kondisi cuaca disebut sangat baik. Namun, saat terbang di ketinggian rendah, secara tiba-tiba Trident jatuh dan meledak hingga menimbulkan kobaran api yang besar. 

Tidak diketahui secara pasti apa penyebab sebenarnya dar kecelakaan tersebut. Namun, kemungkinan Trident saat itu membawa beban melebihi kapasitas. 

Tim investigasi kecelakaan yang terdiri dari berbagai ahli tidak dapat menyimpulkan secara pasti apakah ada hal lain di balik kecelakaan pesawat itu. Selain membawa beban melebihi kapasitas, pilot dimungkinkan tidak dapat mengedalikan laju Trident saat lepas landas. 

Sebelumnya pada pertengahan 1972, industri transportasi udara di dunia rentan mendapat ancaman keamanan. Saat itu, pembajakan oleh kelompok teroris rentan terjadi dan membuat banyak pilot yang khawatir serta meminta prosedur keamanan yang ketat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement