Rabu 24 Aug 2016 08:21 WIB

Sejarah Hari Ini: Pasukan Inggris Bakar Gedung Putih

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
Gedung Putih
Gedung Putih

REPUBLIKA.CO.ID,  Pada 24 Agustus 1814, pasukan Inggris memasuki Washington DC dan membakar Gedung Putih. Serangan merupakan balasan atas serangan Amerika Serikat di kota York di Ontario, Kanada pada Juni 1812.

Saat Inggris tiba di Gedung Putih kala itu, mereka menemukan Presien James Madison dan ibu negara Dolley sudah melarikan diri ke tempat yang aman di Maryland.

Tentara kemudian dilapokan duduk untuk makan makanan sisa makanan dari bufet di Gedung Putih. Mereka menggunakan peralatan makan presiden sebelum menggeledah rumah dan melakukan pembakaran.

History.com melansir dari White House Historical Society dan surat pribadi Dolley mengatakan presiden telah meninggalkan Gedung Putih sejak 22 Agustus. Saat itu Inggris mengancam memasuki gedung parlemen.

Sebelum pergi Madison meminta istrinya menunggunya kembali keesokan harinya. Ia juga meminta Dolley mengumpulkan dokumen negara yang penting dan bersiap meninggalkan Gedung Putih.

Meski presiden dan istrinya bisa kembali ke Washington tiga hari kemudian setelah serangan, namun mereka tak pernah lagi tinggal di Gedung Putih. Putih. Madison menjabat sisa masa jabatannya dengan tinggal di rumahnya di kota Octagon. Tidak sampai 1817, presiden baru terpilih James Monroe pindah kembali ke gedung yang telah direkonstruksi itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement