Kamis 26 Nov 2015 14:00 WIB

Turki tak Tahu Pesawat yang Ditembak Milik Rusia

Pesawat Rusia yang ditembak jatuh Turki, Selasa (24/11).
Foto: BBC News
Pesawat Rusia yang ditembak jatuh Turki, Selasa (24/11).

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Militer Turki mengaku tidak tahu pesawat yang ditembak di perbatasan Rusia adalah milik Rusia. Pernyataan itu disampaikan di tengah ketegangan hubungan kedua negara.

Militer Turki menambahkan, mereka telah melakukan langkah optimal untuk menyelamatkan dua pilot Rusia. Salah satu pilot dikabarkan tewas, dan seorang lainnya selamat.

Pilot selamat mengatakan, ia tidak memperoleh peringatan dari Angkatan Udara Turki. Pesawat juga tidak melanggar perbatasan, karena mereka terbang di atas langit Suriah.

Pernyataan pilot itu  membuat Turki membuat rekaman peringatan tersebut ke publik. 

Baca, Ini Rekaman Peringatan Turki Sebelum Tembak Jatuh Jet Rusia.

Ankara mengatakan, pesawat Rusia telah melanggar perbatasan. Pihak Turki memperingatkan berulang kali agar pesawat SU-24 Rusia menyingkir. Namun hal itu tidak digubris.

Rusia menggelar operasi udara di Suriah sejak akhir September lalu. Mereka mengaku menggelar operasi militer untuk menghancurkan ISIS.

Rusia dan Turki memiliki pandangan politik berbeda mengenai keberadaan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Rusia ingin terus mempertahankan Assad, sebaliknya Turki ingin agar Assad turun

sumber : News Yahoo
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement