Rabu 05 Oct 2016 17:16 WIB

Ini Tragedi Aleppo, Bocah Tewas oleh Bom yang Dikiranya Mainan

Rep: MgRol81/ Red: Teguh Firmansyah
Korban konflik kekerasan di Suriah
Foto: BBC
Korban konflik kekerasan di Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, ALEPPO -- Seorang anak perempuan berusia empat tahun tewas setelah mengambil sebuah bom klaster yang dia pikir adalah mainan.

Keluarganya melaporkan, Eman sedang keluar untuk mengumpulkan air di wilayah yang dikuasai pemberontak Suriah di Aleppo timur. Saat itu, ia melihat bom curah yang ia pikir sebagai bola perak.

Stasiun televisi lokal ITV menayangkan video pada Senin (3/9), menunjukkan gadis kecil tersebut berjuang untuk bertahan hidup di rumah sakit setempat. Wajahnya berlumuran darah dan dipenuhi memar. Malang, Eman tak dapat bertahan dan meninggal pada Selasa.

Gadis lain di rumah sakit yang sama terlihat menangis kesakitan setelah terluka dalam sebuah serangan udara. Nama dan usianya tidak diketahui, karena tidak ada anggota keluarga yang menemaninya. Dokter percaya bahwa keluarganya tewas dalam serangan yang sama.

Baca juga, Surat Dokter Aleppo ke Obama yang Menyentuh Hati.

Bom curah adalah bahan peledak berukuran kecil yang kerap tergeletak dalam waktu yang cukup lama setelah konflik berakhir dan sulit untuk dibersihkan. Lebih dari seratus negara telah menandatangani perjanjian yang melarang penggunaannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement