Rabu 08 Feb 2023 21:27 WIB

Indonesia akan Gelar ASEAN Indo-Pasific Forum

Forum tersebut digelar sebagai tindak lanjut ASEAN Outlook on the Indo-Pasific (AOIP)

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
ASEAN (ilustrasi)
ASEAN (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Sidharto R Suryodipuro mengatakan, sebagai ketua ASEAN tahun ini, Indonesia akan menggelar ASEAN Indo-Pasific Forum. Forum tersebut digelar sebagai tindak lanjut ASEAN Outlook on the Indo-Pasific (AOIP).

“Untuk AOIP, Indonesia akan menggelar ASEAN Indo-Pasific Forum untuk tindak lanjut AOIP, yang terdiri dari empat kegiatan utama yaitu Creative Economic Forum, Youth Dialogue or Digital Development for SDG’s, ASEAN Indo-Pasific Infrastructure Forum, ASEAN Business and Investment Summit,” kata Sidharto saat memberikan pidato dalam seminar bertajuk “Kajian Prioritas Kepemimpinan Indonesia di ASEAN dalam Bidang Politik dan Keamanan” yang digelar Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) bersama The Habibie Center (THC), Rabu (8/2/2023).

Baca Juga

Dia mengungkapkan, implementasi AOIP merupakan salah satu pilar yang tercakup dalam tema keketuaan Indonesia di ASEAN, yakni “ASEAN Matters”. “AOIP tidak hanya menjadi narasi dan prinsip yang layak diikuti bersama, tapi didorong untuk menjadi kerja sama konkret untuk membawa negara-negara besar dalam interaksi di antara mereka di Asia Tenggara, yang positif dan konstruktif. ASEAN tidak ingin menjadi ajang persaingan mereka, karena kita bersahabat dengan semua,” ucapnya.

Menurut Sidharto, para mitra ASEAN, termasuk negara-negara besar, memiliki kepentingan untuk berperan konstruktif di kawasan. “Jadi semuanya menjadi pemangku kepentingan bagi stabilitas dan kemakmuran kawasan,” ujarnya.

AOIP diadopsi oleh para pemimpin ASEAN pada Juni 2019. Inisiatif awal konsep AOIP berasal dari proposal Indonesia. AOIP merupakan penegasan posisi ASEAN dalam perannya untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik, mencakup Asia Pasifik dan Samudra Hindia.

AOIP mengedepankan pendekatan dialog dan kerja sama yang terbuka serta inklusif di bidang-bidang prioritas ASEAN. Mereka antara lain maritim, ekonomi, konektivitas, dan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement