Rabu 28 Apr 2010 20:41 WIB

Akibat Banyak Dosa, Teheran Bakal Diguncang Gempa?

Red: irf
Pemandangan kota Teheran
Pemandangan kota Teheran

DEN HAAG--Ulama, pakar seismologi bahkan presiden Iran memprediksi ibukota negara tersebut, Teheran, akan dikutuk Tuhan dengan gempa dahsyat. Demikian tulis koran sore Belanda NRC Handelsblad. Menurut para ulama, rakyat Iran sudah terlalu banyak berdosa sehingga Tuhan murka.

Sebentar lagi gempa akan terjadi dan ribuan nyawa akan tewas sebagai ganjaran semua dosa yang telah dilakukan. Di mana-mana orang saling bertukar tips menghindar dari gempa. Dalam khotbah Jumat, Imam masjid mengingatkan umat supaya bertaubat.

Iran memang terletak di antara berbagai lempengan benua: lempeng India, lempeng Arab dan lempeng Eurasia. Lumrah saja kalau gempa sering terjadi di sana. Terlebih lagi situasi lempengen bumi sekarang sedang aktif bergerak. Setelah gempa besar di Haiti dan Cile, dilanjutkan dengan meletus gunung Eyjafjallajokull (baca: eyafetlayukutz) di Islandia maka jika gempa terjadi lagi sebenarnya tidak aneh.

Banyak rakyat Iran ragu jika gempa dikaitkan dengan dosa. "Kalau memang itu bisa terjadi karena kami penuh dosa, wah seharusnya tidak hanya gempa yang akan membumihanguskan kami, tapi juga banjir bandang, letusan gunung berapi dan semua jenis bencana. Dosa di Iran lebih parah dari yang orang bayangkan," ujar Maysam, seorang pekerja di Teheran.

Orang juga memprediksi ricuh ramalan gempa ini hanya akal bulus pemerintah saja. Gosip yang menyebar, gempa palsu memang mungkin akan terjadi sebagai balasan pemerintah terhadap aksi protes yang dilakukan Garda Revolusi, pihak oposisi, selama setahun belakangan.

sumber : radio netherlands
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement