Senin 03 May 2010 23:00 WIB

Walikota New York: Pembom Times Square Bukan Alqaidah

Rep: Wulan Tunjung Palupi/AP/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Times Square
Foto: BLOGUE.US
Times Square

NEW YORK--Pihak berwenang di New York mengatakan bahwa Alqaidah bukan dalang di balik percobaan bom mobil di Times Square. Untuk sementara ini polisi telah berhasil mengidentifiasi kendaraan yang dipakai para pembom melalui rekaman video.

Para pelaku menggunakan mobil Nissan Pathfinder SUV yang sengaja ditinggalkan di distrik teater di kota berjulukan Big Apple tersebut. Di dalam mobil tersebut ditemukan bom buatan rumahan yang terbuat dari pupuk, disertai dengan kabel-kabel. Presiden Barack Obama berjanji akan melacak pelaku bom yang untungnya gagal meledak itu.

Walikota New York, Michael Bloomberg, mengatakan pelaku pemboman ini kemungkinan tidak terkait organisasi besar teroris. "Tidak ada bukti bahwa ini adalah terikat dengan Alqaidah atau organisasi teroris lainnya besar," kata Bloomberg.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian New York Raymond Kelly menolak klaim tanggung jawab yang dibuat melalui Internet oleh kelompok Taliban Pakistan, Tehreek-e-Taliban. "Saya yakin kita akan menemukan siapa yang melakukannya," kata Bloomberg di samping petugas polisi yang pertama kali berada di tempat kejadian.

Masih belum jelas mengapa perangkat bom racikan sendiri yang terbuat dari terdiri dari kembang api, propana, bensin dan pupuk itu gagal meledak. Meskipun demikian bom tersebut sudah menimbulkan bola api. Kelly mengatakan bom itu mungkin dimaksudkan untuk meledak di distrik hiburan penuh sesak, akan menciptakan bola api yang besar.

Saat kunjungan ke Louisiana untuk melihat tumpahan minyak, Presiden Obama mengatakan aparat di New York telah memahami apa yang seharusnya dilakukan untuk menemukan pelakunya. "Tim nasional keamanan telah mengambil setiap langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa aparat memiliki dukungan penuh dan kerjasama dari pemerintah federal," kata Obama.

Polisi memiliki banyak petunjuk, dimulai dengan cuplikan 82 kamera keamanan di Times Square, mobil pelaku serta bom, yang telah diangkut ke polisi laboratorium di New York.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement