Kamis 06 May 2010 05:08 WIB

Diduga Terkait Bom New York, Pakistan Tangkap Dua Pria

.
Foto: reuters
.

KARACHI--Dua pria ditangkap di Pakistan karena diduga terkait dengan upaya Faisal Shahzad, pria yang lebih dulu ditangkan di AS, meledakkan sebuah bom mobil di Times Square, New York. Pakistan menjanjikan kerjasama penuh dengan investigasi AS terkait kejadian itu.

Kedua ditahan di kota selatan Karachi. Kedua pria ini adalah orang yang menghubungi dan dihubungi Shahzad sebelum peledakan bom yang gagal itu.

Shahzad, seorang warga negara Amerika Serikat kelahiran Pakistan, ditangkap atas tuduhan mengendarai mobil berisi bom dan menghentikannya di Times Square. Mobil hanya mengeluarkan asap dan bom gagal diledakkan. Shahzad ditangkap pada hari Senin di atas pesawat di bandara  John F Kennedy saat hendak berangkat ke Dubai. CNN melaporkan bahwa Pakistan adalah tujuan terakhirnya.

Pria 30 tahun ini tinggal di Connecticut dan kembali ke AS baru-baru ini dari perjalanan lima bulan ke Pakistan, di mana ia mengunjungi Peshawar, titik transit terkenal Al-Qaeda dan Taliban di dekat perbatasan Afghanistan.

Tuduhan terhadap dirinya diajukan di pengadilan New York hari Selasa, tetapi Shahzad tidak tampak.Ia harus menghadapi dakwaan berusaha memicu senjata pemusnah massal.

Kedua orang yang ditahan di Karachi ditahan berdasarkan catatan telepon dari New York. Penyelidikan sedang berjalan untuk menentukan apakah mereka penerima panggilan sebenarnya dari ponsel Shahzad atau apakah orang lain telah menggunakan nomor yang sama, kata pejabat kepolisian Karachi.

sumber : TST/AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement