Kamis 06 May 2010 17:41 WIB

Krisis Yunani Tekan Pasar Obligasi Negara Tetangganya

Seorang polisi terkena percikan api dari lemparan bom molotov
Foto: AP Photo
Seorang polisi terkena percikan api dari lemparan bom molotov

PARIS--Biaya pinjaman Yunani, Spanyol dan Portugal naik pada Rabu, karena investor meminta suku bunga yang lebih tinggi untuk membeli obligasi mereka di tengah berkembangnya kekhawatiran penularan dari krisis utang Yunani. Tingkat bunga naik setelah protes kekerasan di Yunani atas tindakan penghematan yang diminta oleh kreditor internasional dan agen pemeringkat Moody`s memperingatkan bahwa pihaknya bisa menurunkan peringkat utang Portugal dalam waktu tiga bulan.

Imbal hasil (yield) obligasi 10-tahun Yunani melompat menjadi 10,025 persen dibandingkan 9,168 persen pada Selasa, karena pemogokan massal berbalik mematikan ketika sebuah bom api (bom molotov) dibuang di sebuah bank di Athena, menewaskan tiga orang di dalamnya.

"Para investor meragukan kemampuan pemerintah Yunani untuk mengelola konflik sosial di negeri ini," kata Aurel ekonom Christian Parisot, menambahkan bahwa kondisi yang diberlakukan oleh zona euro dan IMF sebagai imbalan atas bailout (talangan) utang 110 miliar euro terlalu ketat.

"Dengan penetapan rencana penghematan yang terlalu besar dan terlalu keras, Eropa dan IMF pasti memiliki beban pada kredibilitas rencana ini," katanya.

Portugal, Spanyol dan Irlandia juga berada di bawah tekanan lebih dari defisit publik besar yang telah berkembang memicu keprihatinan bahwa bencana utang Yunani bisa menyebar ke negara-negara zona euro.

Harga yang diminta oleh investor untuk obligasi 10-tahun Portugal naik menjadi 5,762 persen, dari 5,386 persen pada Selasa, setelah Moody`s mengeluarkan peringatan, datu pekan setelah lembaga pemeringkat Standard & Poor`s menurunkan peringkat Portugal.

Meskipun tekanan pada obligasi meningkat, Portugal berhasil menghimpun 500 juta euro (646 juta dolar) melalui penerbitan surat utang negara berjangka enam bulan pada Rabu, kata kantor utang.

Lisbon harus membayar harga yang curam, namun, dengan investor menuntut sebuah pengembalian 2,955 persen, empat kali lebih tinggi daripada waktu obligasi tersebut terakhir diterbitkan pada 3 Maret.

Imbal hasil pada obligasi 10-tahun Spanyol naik menjadi 4,196 persen dari 4,113 persen pada Selasa, ketika pasar saham Madrid tenggelam di tengah desas-desus palsu bahwa Spanyol meminta bantuan dari Dana Moneter Internasional.

"Kami tidak tahu apa otoritas politik dan keuangan dapat lakukan untuk menenangkan sesuatu, mengingat saat ini perasaan panik di pasar," kata penyiasat obligasi di bank Prancis BNP Paribas dalam catatannya.

"Rumor segera diambil kedalam rekening, memicu sangat kuat pergerakan. Dan ketika desas-desus secara resmi ditolak, pasar telah keras menghapus gerakan waktu sebelumnya," tulis mereka.

"Dalam keadaan ini, dan menjelang peristiwa penting ... arus turbulensi harus bertahan," kata mereka, satu hari sebelum Bank Sentral Eropa jumpa pers dan pemilihan umum di Inggris.

Peristiwa lainnya yang dipantau oleh dunia keuangan minggu ini mencakup pemungutan suara parlemen Jerman pada Jumat atas bagian Jerman dari bailout zona euro-IMF 110-miliar euro (145-miliar dolar) untuk Yunani.

Sebuah obligasi pemerintah membawa tingkat bunga tahunan tetap kembali dalam kas pada masalah. Variabel hanya untuk mencerminkan perubahan persepsi tentang hubungan imbal hasil-risiko harga obligasi.

Jika risiko dan tingkat suku bunga dianggap meningkat, yang sebelumnya tetap, bunga obligasi terlihat tidak menarik.

Harga obligasi jatuh, sampai bunga tetap, sebagai persentase dari harga yang lebih rendah baru naik ke tingkat yang menarik. Oleh karena itu, penurunan harga obligasi sinyal bahwa suku bunga untuk kelas risiko meningkat, yang naik atau diperkirakan meningkat.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement