Selasa 11 May 2010 17:00 WIB

Gordon Brown Mundur dari Partai Buruh

Gordon Brown
Foto: RNW
Gordon Brown

Gordon Brown mundur dari jabatannya sebagai pemimpin partai buruh Inggris. Demikian dikatakan perdana menteri Brown dalam pernyataan yang dilontarkan di kediaman resmi Downing Street 10.

September mendatang, partai buruh akan menggelar kongres. Ia menyatakan tidak bersedia dipilih kembali dan tidak mengajukan penggantinya. Partai Buruh kalah telak dalam pemilu parlemen pekan lalu. Brown mengakui perannya dalam kekalahan tersebut.

Brown yang menggantikan Tony Blair di tahun 2007 tetap menjabat sebagai perdana menteri dalam perundingan koalisi. Brown mengatakan partai buruh dan Nick Clegg, dari Demokrat Liberal akan membicarakan formal soal koalisi pemerintahan.

Inti pembicaran menyangkut pemulihan defisit anggaran. Menurut Brown pembicaran itu juga menyangkut pembentukan pemerintahan progresif.

Sebelumnya Clegg mengatakan dalam kampanye tidak akan berkoalisi dengan partai buruh selama Brown pemimpinnya. Spekulasi siapa penggati Brown, telah beredar. Diisukan David Milliband menteri luar negeri saat ini akan menggantikannya.

sumber : RNW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement