Senin 17 May 2010 23:34 WIB

Iran Setujui Kesepakatan Nuklir

Presiden Brazil, Luiz Inacio Lula da Silva (kiri) dan menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki (kanan)
Foto: Reuters
Presiden Brazil, Luiz Inacio Lula da Silva (kiri) dan menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA--Iran telah menyetujui untuk mengirim uranium ke Turki untuk program pengayaannya. Langkah ini menjadi jawaban bagi penyelesaian program nuklir negara ini yang selalu menjadi sorotan internasional.

Kesepakatan itu diambil setelah 18 jam pembicaraan di Teheran antara menteri luar negeri Brazil, Iran, dan Turki, kata laporan kantor berita Anatolia. Teks yang disepakati dalam rapat akan dilapurkan pada Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan. Dia terbang ke Teheran dalam kunjungan tak terjadwal Ahad malam. Erdogan diundang oleh Iran untuk bergabung dengan Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva dan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad untuk membicarakan masalah ini pada hari Senin.

Ketiga pemimpin akan menyepakati perincian dari kesepakatan pada pertemuan itu. Presiden Brazil mengadakan pembicaraan dengan kepemimpinan Iran pada hari Minggu.

Program nuklir Iran selama ini menjadi bahan sengketa internasional. Barat mencurigai Iran melakukan pengayaan uranium untuk membuat bom atom - tuduhan yang dibantah keras Teheran. Iran sejauh ini menolak proposal PBB untuk memperkaya uranium di luar negeri dan mengatakan aktivitas itu untuk kebutuhan reaktor riset nuklir.

sumber : TST/AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement