Selasa 18 May 2010 06:19 WIB

Pesawat dengan 43 Penumpang Jatuh di Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID,KABUL--Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Pamir Airways yang membawa 38 penumpang dan lima awak, termasuk enam warga asing jatuh di Afghanistan, Senin, di wilayah pegunungan Hindu Kush dekat Kabul, kata para pejabat. Pesawat itu sedang dalam perjalanan dari kota Kunduz ke ibu kota Kabul dan hilang sekitar pukul 08:00 waktu setempat (10:30 WIB).

"Saya dapat mengkonfirmasi sebuah pesawat yang membawa 38 penumpang serta lima awak jatuh di satu tempat di Salang Pass," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Zemarai Bashary kepada Reuters setelah menerima satu laporan dari maskapai penerbangan swasta Afghanistan itu.

Salang Pass terletak sekitar 100km utara Kabul.Penyebab kecelakaan itu tidak segera diketahui, tetapi musibah itu terjadi akibat cuaca mendung dan hujan di Kabul dan daerah sekitarnya. "Laporan Pamir Airways mengatakan ada beberapa warga asing di pesawat itu," kata Bashary. Ia mengatakan pasukan NATO telah diminta untuk membantu mencari pesawat itu dengan menggunakan pesawat kecil tanpa pilot.

Wakil Menteri Penerbangan Sipil dan Transpor, Raaz Mohammad Alami mengemukakan kepada Reuters pesawat itu adalah Antonov 24 dan enam penumpangnya adalah warga asing. Ia memiliki informasi lebih jauh mengenai identitas mereka.

Seorang penumpang Afghanisan di pesawata itu bekerja di GTZ, satu organisasi kemanusiaan Jerman.

"Seorang dari para anggota staf nasional kami menuumpang pesawat ini," kata Andreas Clausing , kepala badan pembangunan Jerman itu kepada Reuters.

Seorang juru bicara pasukan NATO mengatakan sebuah pesawat telah dikirim untuk mencari pesawat naas itu. Kondisi cuaca yang buruk di daerah itu menghambat pencarian lewat udara," kata Pasukan Bantuan Keamanan Internasional dalam sebuah pernyataan.

Pamir Airways adalah salah satu dari tiga maskapai penerbangan swasta Afghanistan yang beroperasi sebagian besar dalam rute-rute domestik di seluruh Afghanistan. Pesawat milik kontraktor-kontraktor militer dan sipil sering jatuh di Afghanistan walaupun kecelakaan yang melibatkan pesawat-pesawat penumpang jarang terjadi.

Kecelakaan terbaru yang melibatkan pesawat penumpang di Afghanistan terjadi Februari 2005 ketika Boeing 737 yang dioperasikan perusahaan penerbangan nasional Afghanistan Kam Air jatuh akibat badai salju dekat Kabul, menewaskan 104 penumpang dan awak.

sumber : ant/reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement