Rabu 19 May 2010 20:27 WIB

PM Inggris Lakukan Lawatan Pertama ke Prancis dan Jerman

Rep: c16/ Red: Ririn Sjafriani
Perdana Menteri Inggris, David Cameron bersama istrinya, Samantha.
Foto: AP
Perdana Menteri Inggris, David Cameron bersama istrinya, Samantha.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN--Perdana Menteri baru Inggris, David Cameron, akan mengunjungi Prancis dan Jerman akhir pekan ini. Hal itu merupakan lawatan ke luar negeri pertamanya yang diumumkan sejak ia memegang tampuk pemerintahan, menurut kantornya, Selasa (17/5) waktu setempat.

Cameron rencananya akan melakukan perjalanan ke Paris, Kamis (19/5) waktu setempat, untuk pembicaraan dengan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, dan ke Berlin, Jumat (20/5) waktu setempat, untuk menemui Kanselir Jerman Angela Merkel, kata seorang jurubicara Downing Street.

Di Paris, Sarkozy sendiri mengatakan, Cameron akan makan malam dengan pemimpin Prancis itu, Kamis (19/5) waktu setempat.

Sebelumnya jurubicara pemimpin Jerman, Ulrich Wilhelm, mengumumkan, Cameron akan disambut dengan penghormatan militer di tempat kanselir di Berlin. Konferensi pers bersama akan menyusul.

Downing Street tidak mengomentari dengan segera mengenai pengumuman awal Jerman itu, sebelum mengkonfirmasi lawatan ke Paris dan Berlin itu setelah lawatan itu diumumkan di Berlin, kemudian Paris.

Presiden AS Barack Obama telah mengundang Cameron untuk mengunjunginya Juli mendatang, dan perdana menteri baru Inggris itu diperkirakan akan hadir pada pertemuan puncak G-20 di Toronto, Kanada, bulan depan.

sumber : afp
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement