Kamis 27 May 2010 02:21 WIB

Seorang Bocah Tewas Saat Demo di Vietnam

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI--Seorang anak laki-laki tewas ketika unjuk rasa di lokasi kilang minyak, yang menyulut perlawanan di sebuah rumah pejabat lokal, ujar warga setempat, Rabu (26/5). Insiden tersebut terjadi di propinsi Thanh Hoa, Selasa, lebih dari 150 km selatan Hanoi, di daerah kilang minyak yang oleh pemerintah setempat dinamai Nghi Son, kata mereka.

"Saya tak bisa bilang apa-apa, dia ditembak atau dipukuli sampai mati," ujar pensiunan pegawai pemerintah berumur 68 tahun, yang menolak menyebutkan nama. "Tetapi saya bisa pastikan ia tewas dalam pertikaian, dan ia terbunuh karena kesalahan polisi." ujarnya

Saksi mengatakan warga yang marah turun ke rumah ketua Komite Rakyat setempat, Selasa malam, menyebabkan kerusakan dalam rumah serta membakar dua sepeda motor. Protes yang disebabkan oleh pertikaian tanah di Vietnam menjadi hal lumrah dalam beberapa tahun ini, dengan maraknya warga yang merasa mereka tidak mendapat kompensasi yang adil. Pertikaian yang lalu terkadang mengundang perselisihan dengan pihak berwajib.

sumber : Ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement