Senin 31 May 2010 17:50 WIB

Menteri Israel di Qatar, Pertama Sejak Perang Gaza

REPUBLIKA.CO.ID,JERUSALEM--Menteri Perindustrian dan Perdagangan Binyamin Ben Eliezer ke Qatar, Ahad, untuk menjadi menteri pertama Israel yang mengunjungi Doha sejak Perang Gaza Desember 2008-Januari 2009, kementeriannya mengatakan. Ia memimpin delegasi Israel ke Pertemuan Puncak Rekonstruksi Global Forum Ekonomi Dunia di ibukota Qatar itu.

Menurut kementerian itu, Ben Eliezer "mengharapkan untuk meyakinkan kolega-koleganya di Timur Tengah dan Teluk agar menggunakan teknologi Israel sebagai cara untuk mengatasi kebuntuan dalam hubungan antara Israel dan tetangga-tetangganya".

Qatar memutuskan hubungan dengan negara Yahudi itu dan menutup kantor dagang Israel di Doha sebagai protes atas serangan Israel terhadap Jalur Gaza, yang mana lebih dari 1.400 warga Palestina tewas.

Ben Eliezer adalah menteri pertama Israel yang mengunjungi negara Arab sejak menteri luar negeri waktu itu Tzipi Livni pada November 2008. Kunjungan terakhir oleh seorang menteri kabinet dengan jabatan ekonomi itu sudah diusahakan hampir sembilan tahun, kata kementeriannya.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement