Jumat 04 Jun 2010 23:44 WIB

Penundaan Obama ke Indonesia dan Australia Sudah Positif

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: Budi Raharjo
Presiden Obama
Foto: Rick Bowmer/AP Photo
Presiden Obama

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Untuk kali kedua, Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama menunda kunjungannya ke Indonesia. Kabar kembali ditundanya kunjungan kenegaraan itu disampaikan langsung Obama kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Juru bicara kepresidenan, Julian A Pasha, mengatakan Presiden Yudhoyono telah melakukan komunikasi langsung dengan Presiden Obama tadi pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Dalam komunikasi itu, Presiden Obama menyampaikan akan menunda kunjungan ke Indonesia.

Hal itu menandakan bahwa Presiden Obama yang sedianya akan mengunjungi Indonesia pada pertengahan Juni 2010 ini akan ditunda. Namun, Julian belum bisa menjelaskan hingga kapan kunjungan itu akan ditunda. ''Sudah ada komunikasi antara Presiden Yudhoyono dengan Presiden Obama, intinya tentang penundaan kunjungan Presiden Obama,'' ungkapnya di Jakarta, Jumat (4/6).

Meski demikian, kata Julian, pernyataan resmi mengenai penundaan kunjungan Presiden Obama itu akan disampaikan oleh Staf Khusus Presiden Bidang Luar Negeri Dino Patti Djalal. ''Sebenarnya ini domain-nya Pak Dino, nanti beliau akan menyampaikan secara resmi, mungkin pukul 14.00 WIB,'' ujar Julian dalam sambungan telepon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement