Sabtu 05 Jun 2010 23:56 WIB

Perayaan Ultah Ratu Elizabeth Bikin Hillary Clinton Malu

Tampak Ratu Elizabeth tersenyum pada perayaan Trooping the Colour tahun 2009 lalu.
Foto: telegraph.co.uk
Tampak Ratu Elizabeth tersenyum pada perayaan Trooping the Colour tahun 2009 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Wajah dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton mungkin sempat memerah setelah salah mengirimkan ucapan selamat ulangtahun kepada Ratu Elizabeth II, satu minggu lebih cepat dari yang seharusnya.

Sebuah pernyataan dari depatemen luar neger AS mengucapkan doa untuk agar panjang umur, padahal Kerajaan Inggris belum akan merayakan hari ulang tahun resmi Ratu hingga pekan depan.

Surat yang dikirimkan dari pihak AS atas nama Presiden Barack Obama dan warga Amerika pada hari Jumat (4/6), juga mengucapkan terimakasih atas hubungan khusus dari pemerintah Inggris dan AS.

"Pada upacara perayaan kali ini, kami mengucapkan penghormatan atas kehidupan dan warisan Ratu serta menghormati hubungan khusus antara dua negara," ujar pernyataan Hillary.

"Sekali lagi kami ucapkan selamat ulangtahun kepada Ratu Elizabeh II dan mengucapkan doa untuk kedamaian dan kemakmuran untuk warga Inggris hingga tahun-tahun mendatang," tambahnya.

Seorang juru bicara Hillary Clinton mengatakan hal itu memang sebuah kesalahan. "Kami satu minggu terlalu cepat," ujar Philip Crowley kepada para wartawan di Washington.

"Tapi, lebih baik mengucapkan satu minggu lebih awal dibanding terlambat satu minggu," tambahnya.

Juru bicara dari Kerajaan Inggris mengatakan, ucapan tersebut merupakan kesalahan yang tak dibuat-buat. Pihak Kerajaan mengaku tidak tersinggung. Namun, dia menolak menjawab pertanyaan apakah departemen luar negeri AS telah meminta maaf.

Meskipun, hari ulangtahun Ratu Elizabeth II sesungguhnya dirayakan pada tanggal 21 April, namun perayaan resmi dilaksanakan pada hari Sabtu bulan Juni, sebagai puncak dari gelaran tahunan parade Trooping the Colour.

Rencananya, perayaan tahun ini akan dilaksanakan pada Sabtu mendatang (12/6).

Ratu telah merayakan ulangtahun sesunguhnya di Istana Windsor pada bulan April lalu.

Tradisi merayakan dua kali hari ulang tahun diawali oleh King Edward VII yang lahir pada bulan November namun ingin merayakan parade hari ulang tahun di bulan Juni sehingga dapat menikmati udara musim panas.

sumber : telegraph.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement