Ahad 06 Jun 2010 03:20 WIB

Beginilah Bunyi Pesan yang Disampaikan Israel ke Rachel Corrie

Red: irf
Kapal angkatan laut Israel
Foto: ap
Kapal angkatan laut Israel

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA--Sabtu pagi waktu Gaza, tiga kapal Israel membuntuti kapal pengangkut bantuan kemanusiaan dan para relawan untuk Gaza, Rachel Corrie. Dari kapal Israel itu, angkatan laut Israel mengirim pesan yang intinya melarang kapal tersebut melanjutkan perjalanan ke Gaza. Berikut adalah isi pesan yang dikirim angkatan laut Israel lewat radio ke kapal Rachel Corrie.

"Ini angkatan laut Israel. Anda mendekati area yang berada di bawah blokade angkatan laut. Wilayah Gaza, daerah pantai, dan pelabuhan Gaza adalah tertutup untuk semua jalur pelayaran. Pemerintah Israel mendukung pengiriman bantuan kepada masyarakat sipil di Jalur Gaza dan meminta Anda untuk masuk pelabuhan Ashdod. Pengiriman bantuan yang disarankan oleh petugas berwenang dan aturan resmi, akan dilakukan lewat jalan formal, jalur darat, dibawah pengawasan Anda. Setelah itu Anda bisa kembali menggunakan kapal yang sekarang Anda gunakan ke pelabuhan asal pemberangkatan."

Pesan ini intinya tidak mengizinkan Rachel Corrie untuk berlayar ke Gaza. Namun para aktivis yang berada di kapal tersebut menolak tekanan Israel. Mereka tetap ingin meneruskan perjalanan ke Gaza. Isi pesan yang disampaikan melalui gelombang radio itu tercatat dalam situs Israel Defense Forces (IDF.

sumber : IDF
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement