Senin 07 Jun 2010 23:36 WIB

Protes Serangan Brutal, Band Alternatif Rock Asal Amerika Batalkan Konser ke Israel

Rep: M Akbar/ Red: Budi Raharjo
Pixies
Pixies

REPUBLIKA.CO.ID,BOSTON--Aksi brutal serdadu Israel terhadap aktifis kemanusiaan yang hendak menuju Gaza, Palestina, ternyata ternyata mendapat protes keras dari berbagai kelangan. Tak terkecuali, protes dari kalangan musisi.

Pixies, grup band alternatif rock asal Amerika, juga menunjukkan solidaritas yang sama. Melansir pemberitaan dari laman BBC News, grup asal Boston ini telah membatalkan rencana penampilan perdananya ke Israel. Tak ada alasan resmi dari pihak manajemen band tentang pembatalan konsernya. Yang ada hanya disebut, Pixies telah menyalahkan kejadian yang telah berada di luar kontrol mereka.

Mengenai pembatalan Pixies ini terbetik kabar kalau para aktifis kemanusian sempat melayangkan surat kepada band tersebut sebelum terjadinya insiden. Mereka mendesak agar Pixies jangan konser ke Israel berkaitan dengan kebijakan negara tersebut kepada rakyat Palestina.

Tak begitu jelas apakah surat tersebut telah memberikan pengaruh kepada Pixies untuk membatalkan kedatangannya ke Israel. Dalam sebuah pernyataan singkat dari band tersebut berbunyi; ''Keputusan ini menjadi tak mudah dan kami semua paham bagaimana fans Israel sudah menanti sejak lama kunjungan kami.''

Menurut jadwal, Pixies akan menghelat pertunjukkannya di ibukota Israel di Tel Aviv pada 9 Juni mendatang. Kedatangan Pixies ke Israel itu untuk memeriah festival musik Pic.Nic. Pihak penyelenggara pertunjukkan terpaksa mengumumkan pembatalan konser. Pihak penyelenggara menyatakan keputusan Pixie untuk batal manggung ke Tel Aviv itu memang terkait pada penyerangan brutal yang dilakukan serdadu Israel kepada aksi kemanusian Gaza, pekan lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement