Selasa 08 Jun 2010 02:29 WIB

Dua Kapal Iran Siap Tembus Blokade Gaza

Tampak anggota Iranian Red Crescent tengah mengawasi bantuan yang dibawa ke kapal.
Foto: daylife.com
Tampak anggota Iranian Red Crescent tengah mengawasi bantuan yang dibawa ke kapal.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN--Sebuah organisasi kemanusiaan, Iranian Red Crescent atau Bulan Sabit Merah Iran, memutuskan untuk mengirimkan kapal yang membawa makanan, obat-obatan dan perlengkapan medis, setelah pertemuan dengan departemen luar negeri.

Kapal bantuan milik Iran itu direncanakan akan berlayar menuju Gaza pada akhir pekan ini, seperti yang dilaporkan Sunday Times, Senin (7/6).

Satu kapal akan membawa sumbangan dari warga dan kapal lainnya akan membawa pekerja sukarela. Kapal itu akan dikirim ke Gaza akhir pekan ini," ujar Direktur Bulan Sabit Merah Iran, Abdolrauf Adibzadeh kepada kantor berita IRNA.

Pada hari Minggu (6/6), perwakilan dari pemimping tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, pasukan revolusioner elit Iran siap menyediakan pengawalan militer untuk mengiringi kapal pembawa barang menembus blokade Israel di Jalur Gaza.

"Pasukan revolusioner Iran sudah siap sepenuhnya untuk mengawal konvoi kapal perdamaian dan kemerdekaan ke Gaza dengan seluruh kekuatan dan kemampuan," ujar Ali Shirazi, wakil Khamenei dari Pasukan revoluisoner, yang dikutip dari kantor berita, Mehr.

Pasukan militer Israel pada Senin (31/5) menyerang kapal bantuan Mavi Marmara dalam sebuah konvoi yang bertujuan mengantarkan bantuan ke Gaza. Penyerangan itu mengakibatkan, sembilan relawan tewas. Insiden itu memicu kemarahan berbagai negara di seuruh dunia terutama negara Isalam dan Turki yang mengancam akan memutus hubungannya dengan Israel.

sumber : Hareetz
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement