Selasa 08 Jun 2010 18:30 WIB

Patahkan Blokade Israel, Bulan Sabit Merah Iran Kirim Bantuan ke Gaza

Bulan Sabit Merah Iran mengirim bantuan untuk Gaza
Foto: payvand.com
Bulan Sabit Merah Iran mengirim bantuan untuk Gaza

REPUBLIKA.CO.ID,Bulan Sabit Merah Iran akan mencoba untuk mematahkan blokade Israel di Gaza dengan mengirimkan makanan dan obat-obatan ke wilayah Palestina yang diserang, seorang jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan Senin. Demikian seperti dilaporkan CNN.

Abdul Rauf Adibzadeh dari Bulan Sabit Merah mengatakan, salah satu pengiriman barang bantuan akan tiba di Gaza melalui Mesir akhir minggu.

Selain itu, IRNA dan kantor berita Mehr melaporkan, juga dipersiapkan mengirim dua kapal bantuan ke pantai Gaza, termasuk kapal rumah sakit dengan dokter, perawat dan ruang operasi dan kapal lain dengan barang bantuan seperti makanan dan obat-obatan.

Adibzadeh mengatakan, ada kemungkinan bahwa kapal Bulan Sabit Merah Iran akan diserang, tetapi meskipun bahaya -- jika pihak berwenang Iran menyetujui -- maka pengiriman akan tetap dilakukan ke Gaza.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Ramin Mehmanparast mengatakan, kapal Iran akan menjadi bagian dari armada bantuan baru yang diselenggarakan oleh beberapa negara Islam, meskipun ia menolak mengatakan negara mana yang terlibat.

"Kami sedang mempersiapkan dua kapal untuk menuju Gaza yang akan memberikan bantuan kemanusiaan," kata Mehmanparast. "Keberangkatan mereka tergantung pada seberapa cepat kami berkoordinasi dengan negara-negara lain yang juga mengirimkan bantuan."

sumber : CNN
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement