Rabu 09 Jun 2010 02:50 WIB

Dikawal Garda Nasional, Iran Tawari MER-C Ikut Misi Kemanusiaan Gaza

Rep: C02/ Red: Budi Raharjo
Garda Nasional Iran
Garda Nasional Iran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Garda Nasional Iran akan mengawal rombongan kemanusiaan yang akan mengirimkan bantuan ke Gaza, Palestina. Hal ini diungkapkan Humas Mer-C Indonesia, Ahyaudin Saudri.

Menurutnya, pasukan elit militer Iran tersebut telah memberi jaminan kemanan kepada seluruh relawan, termasuk dari Mer-C Indonesia. ''Kami telah ditawarkan oleh Bulan Sabit Iran, untuk berpartisipasi dalam pengiriman bantuan menggunakan Kapal Kargo Iran. Rombongan ini akan mendapat pengawalan dari kapal perang Garda Nasional Iran,'' ungkap Ahyaudin di kantor Mer-C, Kramat Lontar, Jakarta Pusat, Selasa (8/6).

Menurutnya, pengawalan yang diberikan militer Iran merupakan bagian dari usaha perdamaian. Karenanya, militer Iran tidak akan memasuki kawasan laut Israel, melainkan hanya di perairan Internasional. ''Tujuan misi ini untuk kepentingan kemanusiaan. Jadi tidak ada maksud untuk memancing aksi militer,'' jelasnya.

Selain Iran, jaminan kemanan juga telah diberikan oleh militer Turki lewat armada angkatan lautnya. Mer-C akan membahas tawaran ini dengan Bulan Sabit Iran. ''Rencananya pekan ini, Mer-C yang diwakili oleh Pak Jose Rizal akan berangkat ke Iran untuk membicarakan rencana partisipasi dalam rombongan tersebut,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement