Senin 14 Jun 2010 23:36 WIB

Pesawat Jatuh, Sembilan Orang Tewas termasuk Calon Gubernur di Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID, CANCUN--Sekitar sembilan orang tewas ketika sebuah pesawat milik seorang politisi yang mencalonkan diri bagi jabatan gubernur di sebuah negara bagian Meksiko jatuh, Ahad (13/6), kata stafnya.

Tetapi, Roberto Borge, kandidat Partai Revolusi Institusi (PRI) untuk gubernur di negara bagian Quintana Roo, tidak berada di pesawat saat itu, kata juru bicara Gabriel Mendicutti.

"Ada sembilan orang, semuanya tewas," kata Mendicutti. "Roberto Borge tidak di pesawat itu tetapi kami telah menemukan pesawat tersebut."

Borge mencalokan dirinya sebagai bagian dari satu koalisi bersama dengan dua partai yang lebih kecil, Partai Ekologi Hijau Meksiko (PVEM) dan partai Aliansi Baru (PANAL).

Pada hari Minggu, Borge berkampanye di kota-kota Quintana Roo selatan, sebuah negara bagian Meksiko di sisi timur semenanjung Yucatan, waktu itu terbang ke kota wisata Cancun, kata Mario Castro, seorang koordinator kampanye regional.

Pemilu itu menurut rencana akan diselenggarakan 4 Juli untuk gubernur-gubernur 14 negara bagian Meksiko termasuk Quintana Roo, di tengah gelombang aksi kekerasan bentrokan antar kartel-kartel narkoba yang berseteru.

Borge unggul dalam survai-survai menjelang pemungutan suara itu, disebabkan mundurnya kandidat kiri Gregorio Sanchez, yang dituduh punya hubungan dengan para pedagang narkoba.

Para pejabat kampanye tidak mengatakan apakah mereka tahu mengapa pesawat itu jatuh, atau apakah mereka menduga perbuatan curang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement