Senin 21 Jun 2010 23:53 WIB

Pemilu Polandia Alot, Kembaran Mantan Presiden Kaczynski Diperkirakan Kalah

Rep: wulan tunjung palupi/ Red: Ririn Sjafriani

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA--Pemilu Polandia yang digelar untuk mencari pengganti presiden Lech Kaczynski yang tewas belum menghasilkan satu nama. Pada putaran pertama ini presiden sementara dan pembicara parlemen, Bronislaw Komorowski, memimpin dari saudara kembar identik Kaczynski, yakni Jaroslaw Kaczynski.

Namun kemenangan Komorowski kurang dari 50 persen suara yang dibutuhkan untuk menang langsung sekali putaran. Kedua pemimpin itu akan menghadapi pemungutan suara pada 4 Juli, tanpa delapan kandidat lain yang maju.

Kaczynski, (61 tahun) mencatat bahwa kampanyenya berjalan normal terlepas dari tragedi kecelakaan yang membuat warga Polandia kehilangan sederet pemimpinnya.

Exit poll yang dilakukan oleh Millward Brown SMG / KRC menunjukkan Komorowski menang dengan 45,7 persen suara dan Kaczynski dengan 33,2 persen. Jajak pendapat lainnya oleh OBOP menunjukkan 41,2 persen untuk Komorowski dan 35,8 persen untuk Kaczynski.

Hasil resmi parsial akan dilaporkan beberapa jam kemudian yang mengarah bahwa kemeanngan Komorowski lebih tipis dibanding perkiraan awal. Berdasarkan keterangan Komisi pemilihan Negara dari 94 persen suara yang telah dihitung, Komorowski memiliki 41,22 persen suara dan Kaczynski telah 36,74 persen. Sementara jumlah pemilih mencapai 54,85 persen dari yang terdaftar. Hasil penghitungan resmi akan diumumkan Senin (21/6) sore atau malam.

Komorowski (58 tahun) mengatakan kepada para pendukungnya bahwa ia merasa bahagia dan puas karena memiliki dukungan dan kepercayaan dari jutaan pemilih di Polandia. "Hidup seperti dalam sepak bola, perpanjangan waktu adalah yang paling sulit. Mari kita memobilisasi semua kekuatan untuk babak final 4 Juli," katanya.

Presiden Lech Kaczynski dan istrinya adalah di antara 96 orang tewas ketika pesawat mereka jatuh saat berusaha mendarat dalam kabut tebal di Smolensk, Rusia, pada 10 April. Rombongan tersebut terdiri dari banyak pemimpin sipil dan militer tingkat tinggi.

sumber : AP

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement