Jumat 25 Jun 2010 03:42 WIB

Ford Bangun Pabrik Baru di Thailand

Ford
Ford

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK--Produsen mobil AS, Ford Motor Co, Kamis (24/3) mengatakan, pihaknya akan menghabiskan 450 juta dolar untuk membangun pabrik baru di Thailand. Pembangunan itu memberikan sebuah dorongan yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan ekonomi terguncang kerusuhan politik yang mematikan.

Ford mengatakan, pabrik di Rayong, sekitar 150 kilometer (90 mil) tenggara Bangkok, akan mempekerjakan hingga 2.200 pekerja. Produksi dijadwalkan dimulai pada 2012, dimulai dengan generasi Ford Focus.

Pabrik ini akan memiliki kapasitas produksi awal sebesar 150.000 kendaraan per tahun, kebanyakan untuk ekspor, meningkatkan upaya Thailand menjadi pusat regional untuk produksi mobil. "Langkah ini "merupakan langkah penting dalam ekspansi agresif kami di Asia Pasifik," kata kepala eksekutif Ford, Alan Mulally.

Perekonomian Thailand, khususnya sektor vital pariwisata, telah memperlihatkan pertumbuhannya yang terhambat oleh dua bulan protes anti-pemerintah di Bangkok yang melumpuhkan bagian modal dan membuat pengunjung asing menjauh.

Aksi massa oleh gerakan "Kaos Merah", meminta pemilu segera memicu ledakan kekerasan yang menewaskan 90 orang, kebanyakan warga sipil. Kerusuhan selama aksi berlangsung membuat hampir 1.900 orang terluka.

sumber : Ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement