Rabu 30 Jun 2010 04:57 WIB

Israel Harap Presiden Rusia Berkunjung Tahun Ini

REPUBLIKA.CO.ID,JERUSALEM--Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman pada Selasa mengatakan Israel mengharapkan Presiden Rusia Dmitry Medvedev atau Perdana Menteri Vladimir Putin berkunjung ke negara Yahudi itu pada 2010 ini. "Israel mengharapkan Presiden Medvedev atau PM Putin berkunjung ke Tel Aviv menjelang akhir tahun 2010 ini," kata Lieberman dalam konferensi pers bersama timpalannya, Menlu Rusia Sergei Lavrov.

Lieberman, seorang imigran dari Moldova yang berbahasa ibu Rusia, mengatakan mereka telah membahas upaya mempererat hubungan bilateral dan situasi di Timur Tengah. Namun ia tidak menjelaskan lebih lanjut menganai apa saja yang dicapai dalam pertemuan tersebut.

Menlu Lavrov mengatakan negaranya berharap perundingan langsung antara Israel dan Palestina hendaknya segera dimulai kembali menyusul perundingan yang dimediasi oleh Amerika Serikat pada Mei. Ia juga menyambut baik keputusan Israel baru-baru ini untuk mengizinkan lebih banyak bahan bantuan kemanusiaan masuk ke Jalur Gaza.

Gaza adalah daerah kantong miskin Palestina yang diblokade Israel sejak Juni 2007 menyusul faksi garis keras Hamas menguasai kawasa itu.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement