Rabu 30 Jun 2010 19:03 WIB

AS Menyerah, Terima Bantuan 12 Negara Atasi Tumpahan Minyak

.
Foto: .
.

REPUBLIKA.CO.ID,NWE ORLEANS--Amerika Serikat mulai kewalahan. Negara ini akhirnya menerima tawaran dari 12 negara asing untuk membantu membersihkan tumpahan minyak akibat bocornya instalasi pengeboran lepas pantai Teluk Meksiko yang dioperatori British Petroleum. "Amerika Serikat akan menerima 22 tawaran bantuan dari 12 negara dan badan-badan internasional, termasuk dua skimmers kecepatan tinggi dan bom penahanan dari Jepang," demikian pernyataan Departemen Luar Negeri AS melalui juru bicaranya, Gina Ruoti.

Penawaran bantuan datang dari Kanada, Meksiko, Norwegia, dan Jepang, kata juru bicara dari Unified Command Area, entitas yang dibentuk untuk mengatasi problem dan dampak tumpahan minyak.  

Skimmers telah diterima dari Meksiko, Norwegia, Perancis dan Jepang dan sistem lmenyapu minyak telah diterima dari Belanda. Bantuan non-materi juga datang dari Uni Eropa dan Organisasi Maritim Internasional, tapi Routi belum bersedia menyatakan dalam bentuk apa dan berapa jumlahnya.

Sebanyak 27 negara telah menawarkan bantuan kepada pemerintah AS setelah ledakan di bulan April dari rig minyak Horizon Deepwater, yang menyebabkan 11 pekerja tewas dan memicu bencana tumpahan minyak paling parah dalam sejarah AS. Minyak mentah sebanyak 1,6 juta hingga 3,6 juta barel minyak, atau 67 juta hingga 153 juta gallontumpah ke laut Teluk Meksiko dari lubang sumur yang pecah sekitar 1.500 m di bawah permukaan laut.

sumber : The Straits Times dari AFP

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement