Kamis 08 Jul 2010 00:52 WIB

Anggota Parlemen Eropa Minta X-File Soal UFO Diungkap

Rep: Wulan Tanjung Palupi/ Red: Endro Yuwanto
Aliens/ilustrasi
Aliens/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS--Seorang anggota parlemen Uni Eropa mendesak pemerintah negara anggota untuk membuka file rahasia mengenai UFO dengan dalih masyarakat harus mengetahui kebenarannya.

"Arsip mengenai UFO, termasuk data yang dikumpulkan oleh militer harus dibuka ke publik," ujar Mario Borghezio, anggota Parlemen Eropa mewakili Italia dalam emailnya, Rabu (7/7).

Borghezio mengatakan, semua Pemerintah Eropa harus berani terbuka dan menghentikan apa yang disebut penutupan informasi yang dilakukan secara sistematis.

Membuka laporan berkategori X Files ini bukannya tidak pernah terjadi sebelumnya. Tahun lalu, Inggris menerbitkan 4.000 halaman online mengenai 800 dugaan pertemuan dengan alien selama tahun 1980-an dan 1990-an.

Selama tiga tahun terakhir, Kementerian Pertahanan Inggris telah secara bertahap merilis laporan mengenai UFO usai merespon tuntutan Kebebasan Informasi.

Borghezio juga mengatakan, pentingnya memiliki pusat penelitian ilmiah untuk benda terbang yang mencurigakan. "Investigasi ini memiliki unsur ilmiah dan teknologi" katanya. Kini ia tengah mencari dukungan dari anggota DPR lainnya dari 736 anggota majelis lainnya. Sejauh ini ia baru berhasil mengumpulkan 18 tanda tangan.

sumber : ap
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement