Sabtu 10 Jul 2010 21:58 WIB

Deplu AS Gelar Lomba Foto Tentang Demokrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Departemen Luar Negeri (Deplu) AS menggelar lomba foto tentang demokrasi bertajuk "Democracy is..." (Demokrasi adalah) Berdasar keterengan pers Deplu AS di Surabaya, Sabtu (10/7), foto dapat diserahkan melalui www.democracyphotochallenge.america.gov atau ke email [email protected].

Penerimaan foto secara online akan terus berlangsung sampai 29 Juli 2010 pukul 07.00 WIB atau 28 Juli 2010 tengah malam GMT. Sebuah panel juri independen yang terdiri dari para fotografer dan sutradara akan memilih 36 finalis, kemudian masyarakat akan memilih 12 foto pemenang melalui pemilihan global melalui internet.

Penilaian secara online akan dimulai 19 Agustus saat dimulainya Hari Fotografi Internasional dan akan terus berlangsung sampai 26 Agustus tengah malam GMT. Para pemenang akan diumumkan pada Hari Demokrasi Internasional PBB pada 15 September 2010 dan foto-foto pemenang akan dipamerkan di Markas PBB di New York.

Lomba itu bertujuan memperluas perbincangan program global tentang demokrasi itu meminta masyarakat di seluruh dunia untuk melengkapi frasa "Democracy is?" melalui foto digital yang dikirimkan secara online.

Para finalis akan mewakili enam wilayah geografis, yakni Asia Pasifik Timur, Belahan Barat, Eropa, Afrika, Timur Dekat, dan Asia Selatan dan Tengah. Kontes tahunan "Democracy Photo Challenge" yang diluncurkan pada 2008 itu menempatkan pembuat film, Adhyatmika, dari Indonesia menjadi salah satu dari enam pemenang untuk tahun ini.

Selama dua tahun terakhir, lebih dari 1.600 orang dari 111 negara mengakses  dan teribat dalam kompetisi tersebut secara online. "Democracy is?" juga membuahkan twitter challenge dengan lebih dari 1.400 orang dari 30 negara yang ikut serta.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement