Selasa 20 Jul 2010 11:28 WIB

Ahmadinejad Sebut Amerika Gunakan Logika Koboi

Rep: c25/ Red: irf
Mahmud Ahmadinejad
Mahmud Ahmadinejad

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN--Presiden Iran, Mahmud Ahmadinejad mengatakan, Amerika harus menghentikan 'logika koboi' jika ingin berdialog dengan Iran tentang program nuklirnya. Dia mengatakan hal itu sebagai langkah untuk negosiasi. Akan tetapi adanya sanksi tidak akan mengubah kebijakan negaranya.

Menyusul sanksi PBB baru-baru ini, Washington telah menjatuhkan tindakan terberat yang pernah dikenakan ke Teheran karena menolak menghentikan program pengayaan uranium. Amerika Serikat dan kekuatan utama Eropa mengatakan bahwa Iran saat ini sedang berusaha membangun senjata nuklir.

Sementara Iran beralasan bahwa program nuklir yang mereka miliki adalah untuk perdamaian. "Kami mau bernegosiasi, tapi untuk melakukannya, Anda harus duduk seperti anak yang baik," kata Ahmadinejad mengacu pada pidato Presiden Amerika Serikat yang disiarkan secara langsung di televisi negara tersebut, seperti diberitakan BBC.

"Mereka mengambil resolusi untuk melakukan dialog, tetapi itu adalah logika koboi yang tak punya tempat di Iran.” Dia menambahkan bahwa fokus Amerika sebenarnya bukan pada apakah Iran membuat bom atau tidak, tetapi karena khawatir Iran akan memiliki kekuatan di wilayahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement