Sabtu 24 Jul 2010 01:38 WIB

AS Harapkan Nepal Segera Bentuk Pemerintah Baru

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON--Amerika Serikat, Kamis mengharapkan Nepal segera membentuk satu pemerintah baru untuk menangani berbagai masalah termasuk menyusun konstitusi baru. Para anggota parlemen Nepal, yang baru pulih dari perang saudara satu dasa warsa, akan bersidang, Jumat dalam usaha baru untuk memilih seorang perdana menteri ditengah-tengah kekosongan politik selama tiga minggu.

"Kami mendesak para pemimpin politik Nepal mencapai persetujuan menyangkut satu pemerintah yang akan dapat segera menangani masalah-masalah penting bagi stabilitas dan pembangunan ekonomi Nepal, merampungkan proses perdamaian dan menyusun satu konstitusi baru," kata juru bicara Dapartemen Luar Negeri AS Philip Crowley.

Mantan pemberontak Maois, yang meletakkan senjata tahun 2006,berusaha untuk kembali berkuasa dan mengajukan seorang kandidat perdna menteri. Partai-partai besar Nepal gagal menepati batas waktu 28 Mei untuk menyusun satu konstitusi baru di tengah-tengah pertengkaran mengenai masalah-masalah pokok struktur negara yang terletak di daerah Gunung Everest itu.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement