Kamis 29 Jul 2010 00:45 WIB

Pesawat Jatuh di Islamabad, 152 Penumpang Dikhawatirkan Tewas

Reportase jatuhnya pesawat di stasiun televisi Dawn, Pakistan
Foto: Telegraph
Reportase jatuhnya pesawat di stasiun televisi Dawn, Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD--Sebuah pesawat penumpang yang membawa 152 orang diperkirakan telah jatuh di perbukitan di luar ibukota Pakistan Islamabad. Pesawat ini dilaporkan dalam perjalanan ke Islamabad dari Karachi ketika terjatuh di pinggiran Islamabad.

Jumlah korban dari kecelakaan itu tidak jelas, tetapi saksi melaporkan melihat asap mengepul dari daerah kecelakaan.

Saluran berita Pakistan menunjukkan apa yang tampak seperti puing-puing pesawat. Api terlihat di sekitar lokasi jatuhnya pesawat. Sebuah helikopter melayang-layang di atasnya memantai situasi.

"Ada 146 penumpang dan enam awak di atas pesawat itu. Kami tidak memiliki rincian lebih lanjut," kata Mubarik Shah, juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil Pakistan.

Pesawat milik AirBlue, sebuah pesawat komersial, kehilangan kontak dengan ruang kontrol dari Bandara Internasional Islamabad pada 04.43 GMT. Kecelakaan itu terjadi di Perbukitan Margalla saat cuaca hujan di Islamabad. Tim SAR dalam perjalanan ke lokasi kecelakaan itu, namun sedikit  lambat karena akses jalan yang sulit.

"Kami punya laporan bahwa pesawat itu jatuh ke Perbukitan  Margalla. Ada asap, tapi kita belum mampu menjangkaunya. Tidak ada akses jalan," kata juru bicara kepolisian Sayed Subhan.

Saksi mata menyatakan awalnya ia berpikir bahwa benturan itu melibatkan sebuah pesawat kecil. Namun, Mohammed Saeed, saksi itu, mengatakan bahwa "tampaknya bahwa itu adalah tragedi yang lebih besar".

Penduduk di Islamabad mengatakan, mereka melihat sebuah pesawat terbang rendah melewati kota beberapa menit sebelum kecelakaan itu.

"Saat itu hujan, aku melihat pesawat terbang sangat rendah dari jendela kantorku," kata saksi Khadim Hussain.

sumber : Telegraph.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement