Rabu 04 Aug 2010 02:58 WIB

NASA Siap Perbaiki Sistem Pendingin Stasiun Antariksa

REPUBLIKA.CO.ID,Badan Antariksa Amerika mengatakan para astronaut dan pengendali penerbangan sedang meninjau prosedur kegiatan di antariksa yang akan mengganti pompa rusak yang menyebabkan penghentian operasi sistem pendinginan di Stasiun Antariksa Internasional.

Rencana perbaikan stasiun antariksa ini melibatkan dua kegiatan di luar stasiun, yang pertama akan dilaksanakan Kamis dini hari. NASA sedang menyelenggarakan briefing Senin untuk membahas status stasiun dan menjelaskan rencana kegiatan antariksa berikutnya.

NASA mengatakan satu dari jaringan pendinginan stasiun itu rusak Sabtu sore akibat terjadi peningkatan tegangan listrik dalam salah satu modul pompanya, yang menyalurkan amonia lewat sistem. Kerusakan ini memaksa astronaut untuk mematikan beberapa peralatan guna mengurangi panas di panil kontrol dan mencegah jaringan pendinginan lainnya terbebani melebihi kapasitasnya.

Badan antariksa AS ini juga mengatakan bahwa tiga astronot Amerika dan tiga astronot Rusia yang tengah bertugas di stasiun itu tidak terancam bahaya.

sumber : voa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement