Selasa 10 Aug 2010 19:53 WIB

Patung Liberty akan Ditutup untuk Sementara

Rep: Esthi Maharani/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK--Patung Liberty akan ditutup untuk sementara. Ini dilakukan untuk memperketat keamanan yang akan diberlakukan sekitar setahun dari sekarang. Patung ini menjadi obyek wisata yang paling populer.

Para wisatawan tidak perlu khawatir dengan rencana ini karena mereka bisa tetap mengunjungi taman sekitar patung. Hanya, akses langsung ke patung ini akan dibatasi setelah 12 Oktober 2011. Di hari itu, patung Liberty merayakan ulang tahunnya yang ke-125.

David Luchsinger, pengawas Patung Liberty, Senin (9/8) mengatakan, proyek ini diperkirakan menghabiskan dana senilai 26 juta dolar AS. Sebab di sana akan dibuat sarana baru seperti tangga dan lift. Apalagi, selama ini satu-satu jalan keluar dari lantai 22 adalah tangga kecil yang sempit.

Lebih dari 5 juta orang mengunjungi landmark ini dengan sekitar 20 ribu wisatawan sehari selama musim panas. Patung ini sempat dievakuasi pada Juli setelah alarm kebakaran palsu. Meskipun demikian, penambahan keamanan telah lama direncanakan. "Ini tugas yang monumental," kata Luchsinger.

Patung itu ditutup setelah serangan 11 September 2001 dan dibuka kembali pada tahun 2004. Hanya saja, wisatawan tidak bisa lagi melihat mahkota karena ada larangan baru untuk sampai ke sana.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement