Rabu 11 Aug 2010 17:40 WIB

Makam Muslim Dibuldoser Israel

Buldoser gusur makam
Foto: infopalestina
Buldoser gusur makam

REPUBLIKA.CO.ID,JERUSALEM--Buldoser-buldoser Israel yang didukung oleh polisi menghancurkan puluhan batu nisan di sebuah kuburan Muslim di Jerusalem tengah, Selasa, menurut seorang juru foto AFP.Gerakan Islam menuduh kotapraja itu telah menghancurkan lebih dari 200 makam Muslim yang belum lama ini telah direnovasi di sebuah kuburan yang telah berusia beberapa abad di Jerusalem barat yang sebagian besar penduduknya orang Yahudi.

"Semalam sekitar pukul 12.30 (21.30 GMT) pasukan pendudukan masuk makam itu dan menghancurkan sekitar 200 makam," kata Mahmud Abu Atta dari Yayasan Al Aqsa yang memiliki hubungan dengan kelompok tersebut (Gerakan Islam), yang anggotanya warga Arab Israel.

Ia mengatakan, buldoser-buldoser itu kembali lagi pada hari itu untuk menghancurkan puluhan makam lagi setelah sebuah pengadilan Israel menolak petisi untuk menghentikan pekerjaan tersebut."Penghancuran itu berkaitan dengan masalah renovasi. Penguasa Israel tidak ingin kami merenovasi kuburan itu sehingga mereka menghancurkannya," katanya.

Jurubicara kotapraja itu tidak menanggapi beberapa panggilan telpon, dan seorang jurubicara polisi mengatakan ia akan memeriksa insiden tersebut.Penghancuran makam itu terjadi di dekat tempat sebuah Museum Toleransi yang telah direncanakan akan dibangun oleh Simon Wiesenthal Center, kelompok HAM Yahudi yang bermarkas di Amerika Serikat.

Proyek itu telah memicu konfrontasi karena dekatnya dengan makam tersebut, tapi Abu Atta menyatakan pekerjaan penghancuran terakhir itu tidak berkaitan dengan pembangunan museum tersebut.Ada sebanyak 1,3 warga Arab Israel, termasuk kerurunan warga Palestina yang tinggal di negara Yahudi Yahudi itu setelah perang 1948 yang menghadiri pembentukannya.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement