Jumat 20 Aug 2010 06:43 WIB

Wah, Satu dari Lima Warga AS Menyangka Obama Seorang Muslim

Barack Obama
Foto: AP
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON--Jauh dari gemuruh dukungan saat Barack Obama maju dalam pencalonan presiden Amerika Serikat, kini kharisma Obama makin merosot di mata rakyatnya. Setelah menyoal kewarganegaraannya, kini publik AS menerka-terka agama sang Presiden.

Jajak pendapat terbaru yang dihajat PEW Research Center menyebutkan, satu dari lima warga AS menduga Obama adalah seorang Muslim. Angka ini naik 11 persen dari jajak pendapat yang sama pada bulan Maret 2009. Hanya 34 persen warga yang dengan tepat menjawab bahwa Obama adalah seorang Kristen.  

Sisanya, 43 persen menyatakan ntak tahu apa agama sang presiden. Angka ini naik dari jajak pendapat sebelumnya pada awal 2009 yang menghasilkan angka 34 persen publik AS tak tahu apa agama Obama.

Dalam jajak pendapat itu, Pew Research Center yang berafiliasi pada Pew Forum on Religion & Public Life melakukan wawancara dengan para responden seputar rencana pembangunan masjid di dekat Ground Zero. Obama menyatakan, Muslim mempunyai hak untuk membangun Islamic Center di sana, meskipun dia menyatakan ungkapannya itu bukan merupakan dukungan atau penolakan, namun melihat dari sisi konstitusi.

Survei yang sama juga dilakukan Majalah Time yang dilakukan pada Senin-Selasa ini, atau dua hari setelah Obama berkomentar tentang pembangunan masjid itu. Hasilnya, 24 persen responden menyatakan Obama adalah seorang Muslim, 47 persen menyatakan Obama seorang Kristen, dan 24 persen menyatakan bingung atau tidak tahu apa sebenarnya agama presidennya. Wah....

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement