Jumat 20 Aug 2010 23:40 WIB

Cinta Segitiga Antarmantan Astronot Berujung Ancaman Pemecatan

Colleen Shipmen, Bill Oefelein, Lisa Nowak
Foto: AP
Colleen Shipmen, Bill Oefelein, Lisa Nowak

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON--Badan investigasi internal Angkatan Laut  AMerika Serikat telah merekomendasikan pemecatan mantan astronot Lisa Nowak dari korp-nya. Selain itu, pangkatnya juga disarankan untuk diturunkan dari kapten menjadi commander. Penurunan pangkat ini akan berimbas pada tunjangan pensiunnya.

Nowak, yang terbang dalam misi ulang alik pada tahun 2006, menjadi terkenal pada Februari 2007 setelah mengemudi sejauh 900 mil dari Texas ke Florida untuk menghadapi saingan cinta segitiganya yang melibatkan mantan pilot pesawat Bill Oefelein dan kekasih barunya, Colleen Shipman. Laporan awal polisi menyatakan bahwa Nowak mengenakan popok selama perjalanan untuk menghindari berhenti kamar mandi yang akan memakan waktu.

Nowak tugas untuk NASA sebagai perwira angkatan laut telah dihentikan segera setelah penangkapan, dan ia ditugaskan ke stasiun udara angkatan laut di Texas selama proses hukumnya. November lalu, ia mengaku bersalah atas tuduhan pencurian dan pelanggaran. Nowak diberi masa percobaan satu tahun dengan ketentuan hukuman pidana sipil.

Angkatan Laut melakukan sidang atas kasus Nowak pada hari Kamis di Jacksonville, Florida. Sidang dilakukan tertutup bagi publik untuk kesaksian pada kesehatan mental Nowak.

Dewan akan meneruskan rekomendasi penyelidikan kepada Sekretaris Angkatan Laut Ray Maybus, yang akan membuat keputusan akhir tentang hukuman Nowak.

Oefelein sementara itu, meninggalkan korps astronot dan kembali ke tugas Angkatan Laut pada Mei 2007. Dia pensiun dari Angkatan Laut pada tahun berikutnya. Oefelein dan saingan romantis Nowak, Colleen Shipman, mengumumkan pertunangan mereka pada tahun 2009. Keduanya kini meutuskan menjadi penulis dan tinggal di Alaska.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement