Ahad 22 Aug 2010 19:47 WIB

Wah, Lukisan Van Gogh Dicuri di Mesir

Lukisan Van Gogh di sebuah museum di Kairo, Mesir.
Foto: rnw
Lukisan Van Gogh di sebuah museum di Kairo, Mesir.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO--Sebuah lukisan yang sangat berharga, karya Vincent van Gogh (1853-1890) dicuri di siang bolong dari museum di Giza, sebelah barat Ibukota Kairo, Mesir.

Menteri Kebudayaan Mesir Faruq Hosni memperkirakan, lukisan Klaprozen dibuat tahun 1886, yang menggambarkan sebuah vas bunga dengan bunga-bunga berwarna merah di atasnya.

Nilai lukisan tersebut sulit diperkirakan, tapi polisi Mesir mengatakan sekitar 40 juta euro. Lukisan itu dipotong dari bingkainya tidak lama setelah pembukaan. Polisi telah menanyai para personil museum dan menyelidi gambar dari kamera  pengintai. Karya seni ini dulunya juga sempat raib dari museum ini, tapi kemudian ditemukan kembali.

Museum Mahmoud Mohammed Khalil dan istrinya berada di daerah Doqqi. Ini terletak di sebuah istana buatan tahun 1911 yang dimiliki oleh seorang pengacara kaya sekaligus anggota parlemen. Dia dan istrinya Emiline Lock awal pertengahan abad ke-20 memamerkan koleksi seninya. Menurut angka resmi, nilai bangunan dan seni tersebut mencapai 5,5 miliar euro.

sumber : rnw.nl
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement