Ahad 22 Aug 2010 21:13 WIB

Meksiko Larang Pemberian Kantung Plastik Gratis

.
Foto: .
.

REPUBLIKA.CO.ID,  MEKSIKO CITY--Menyelamatkan lingkungan, mulailah dari hal kecil di sekitar Anda. Demikian tekad pemerintah Meksiko-City, ibu kota negara Meksiko. Pemerintah setempat menerapkan peraturan baru yang melarang toko untuk menyediakan kantung belanja dari plastik bagi pelanggannya dengan cuma-cuma. Targetnya, mengurangi sampah plastik.

Beberapa pasar swalayan sudah mempersiapkan diri cukup lama sebelum peraturan ini dikeluarkan dengan menyediakan kantung belanja yang ramah lingkungan, seperti yang terbuat dari goni. Hingga 9.000 Euro denda uang akan dijatuhkan kepada toko yang tetap memberikan kantung plastik pada pelanggannya dengan cuma-cuma.

Meksiko City selama ini dikenal sebagai salah satu "kota kumuh" dunia. Di kota itu sampah plastik tergeletak di mana-mana. Tidak ada tong sampah di area publik membuat warga membuang sampah dengan sembarangan.

Meksiko-City mengharapkan pemandangan seperti ini akan segera sirna. Pemerintah kota yang berhaluan kiri, mencantumkan ramah lingkungan sebagai tema yang sangat penting di dalam programnya. "Pemerintah juga sudah menerapkan jalur khusus untuk bis, sepeda sewaan dan larangan merokok di rumah makan," demikian pengumuman mereka.

sumber : Deutsche Welle
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement