Jumat 27 Aug 2010 02:10 WIB

Gerindra: Malaysia Sedang Alihkan Isu Soal Pelecehan Kedaulatan

Rep: Andri Saubani / Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Partai Gerindra menilai, Malaysia sedang mencoba mengalihkan isu pelecehan kedaulatan terhadap Indonesia. Caranya, dengan mengirimkan nota protes kepada Pemerintah Indonesia atas aksi demonstrasi warga Indonesia di depan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta.

''Persoalan inti adalah soal kedaulatan, dan ini sedang dibelokkan isunya oleh Malaysia,'' kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, di Gedung DPR, Kamis (26/8).

Menurut Muzani, Malaysia sedang melakukan politik berbahaya terhadap Indonesia. Alasannya, Malaysia malah memutarbalikkan fakta ketimbang merespons nota protes dari Pemerintah Indonesia atas insiden penangkapan tiga petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) oleh Polisi Di Raja Malaysia (PDRM).

Muzani pun meminta Kementerian Luar Negeri tidak terpancing oleh upaya pengalihan isu Malaysia ini. Ia yakin, Malaysia tidak memiliki niat baik untuk meminta maaf kepada Indonesia atas insiden Tanjung Berakit.

Karenanya, Muzani meminta pemerintah saat ini bersikap tegas dan tidak menanggapi nota protes Malaysia. “Diplomasi kita jangan sampai kalah siasat oleh Malaysia,” tambah Muzani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement