Selasa 31 Aug 2010 04:11 WIB

Taliban Hancurkan Empat Tanker NATO di Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD--Sedikitnya empat tanker minyak pasokan NATO hancur total pada Ahad dalam serangan di dekat Torkham, daerah perbatasan Pakistan-Afghanistan di barat-laut Pakistan, menurut laporan media lokal. Para gerilyawan menyerang tanker-tanker pasokan NATO dengan roket-roket, membakar keempat tanker itu hingga menjadi abu di daerah suku Khyber, Pakistan, kata sumber kepada DAWN.

Meskipun demikian, tidak ada korban yang dilaporkan pada serangan itu. Penyerangan itu masuk insiden besar seperti pada Juni, ketika 60 truk pasokan NATO dibakar hingga menjadi abu dan delapan sopir warga setempat dibunuh, serta beberapa di antara mereka luka dalam suatu serangan di dekat ibu kota Islamabad.

Sementara itu pada April, empat polisi tewas ketika 12 truk NATO dibakar di provinsi Punjab timur. Serangan-serangan truk pasokan NATO tersebut makin meningkat dalam tahun ini, di mana hampir seratus truk dan tanker minyak yang membawa pasokan untuk 140.000 tentara AS dan pasukan multinasional sering diserang dan dihancurkan, di Balochistan selatan dan provinsi Khyber Pakhtunkhwa di barat laut.

Meskipun demikian, kedutaan AS dalam pernyataan, Jumat (26/8), mengklarifikasi dan membantah laporan-laporan berita bahwa terus berlangsungnya bencana banjir di Pakistan telah menghentikan pasokan kepada pasukan NATO di Afghanistan melalui Pakistan. Sekitar 70 persen pasokan NATO dan 40 persen pasokan bahan bakar dikirimkan melalui truk-truk ke wilayah-wilayah Afghanistan yang terkepung dari kota pelabuhan Pakistan selatan, Karachi.

Pengiriman senjata dan amunisi kepada tentara NATO yang memerangi Taliban di Afghanistan melalui jalur darat juga mengesalkan Pakistan.

sumber : Ant/Xinhua-Oana
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement