Kamis 02 Sep 2010 04:56 WIB

Menhan AS: Perang Irak Telah Berakhir

Tentara AS di Irak
Foto: MOBLOG.WHMSOFT.NET
Tentara AS di Irak

REPUBLIKA.CO.ID, CAMP RAMADI,IRAK--Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Robert Gates, mengatakan dalam kunjungan kejutan ke Irak, Rabu (1/8) bahwa perang militer Amerika di negara itu telah usai. Ditanya oleh para wartawan di Camp Ramadi, pangkalan Amerika sekitar 100 kilometer sebelah barat Baghdad, apakah Amerika Serikat masih berperang di Irak, Gates menjawab: "Saya lebih senang mengatakan kami tidak lagi. Operasi tempur sudah berhenti."

"Kami masih akan bekerja bersama bangsa Irak dalam hal kontra terorisme, kami masih memberikan banyak pelatihan dan nasehat. Jadi saya lebih senang mengatakan kami telah memasuki tahap akhir keterlibatan kami di Irak," katanya di markas. Dalam kunjungan itu dia menemui tentara Amerika yang masih tinggal untuk membantu angkatan darat Irak.

Presiden Barack Obama, Selasa (31/8) malam secara resmi mengumumkan pengakhiran misi tempur AS di Irak. Kekuatan AS kini turun hingga kurang dari 50.000, yang tinggal dengan misi penasehat dan pelatihan.

Gates Rabu akan bergabung dengan Wakil Presiden AS Joe Biden yang memimpin seremoni menandai perubahan komando militer AS di Irak.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement