Jumat 10 Sep 2010 03:38 WIB

Ranjau Darat Renggut Sembilan Korban

REPUBLIKA.CO.ID,PESHAWAR--Sembilan orang tewas dan tujuh lainnya cedera ketika kendaraan yang ditumpangi mereka menginjak ranjau darat di desa suku yang terpencil yang sedang mengalami keributan antar sekte di barat laut Pakistan, ujar petugas setempat, Kamis.

Tragedi itu terjadi di desa Dol Ragha, daerah suku Kurram, berdekatan dengan perbatasan Afghanistan yang sedang dilanda kerusuhan antara warga Sunni dan Syiah. Menurut keterangan, para korban sedang menuju desa itu menggunakan mini bus ketika kendaraan mereka menginjak ranjau yang ditanam.

"Hal itu merupakan sebuah kekerasan lintas sekte," kata petugas administrasi setempat, Mumtaz Khan, kepada AFP melalui telepon. Menurut data intelejen, korban yang tewas merupakan muslim Sunni, padahal tempat kejadian itu terletak pada percampuran aliran Shiah dan Sunni.

Menurut informasi yang diterima , daerah tersebut sangat jauh dan berbukit serta didiami oleh kedua sekte, baik Syiah maupun Sunni. Tragedi itu diperkirakan sebagai tindak kejahatan lintas sekte.

Daerah suku Kurram selama tiga tahun telah menjadi titik kerusuhan antara suku minoritas Shiah dan suku mayoritas Sunni. Syiah merupakan 20 persen dari warga muslim Pakistan yang beraliran Sunni yang berjumlah 160 juta jiwa. Lebih dari 4.000 orang tewas karena kerusuhan antar sekte sejak 1980an.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement