Kamis 30 Sep 2010 08:24 WIB

Cina Sukses Uji Coba KA Cepat antara Shanghai-Hangzhou

REPUBLIKA.CO.ID,Media Cina mengatakan, kereta api kecepatan tingginya mencatat rekor kecepatan yang mengesankan dalam perjalanan percobaan pada hari Selasa.

Menurut laporan, kereta api CRH380A yang dibuat di Cina, ini mencapai kecepatan maksimum lebih dari 416 kilometer per jam antara Shanghai dan Hangzhou di Cina timur. Rekor dunia kereta api tercepat dalam uji coba masih dipegang kereta TGV di Prancis, dengan kecepatan 574,8 kilomenter per jam pada sebuah tes di tahun 2007.

Kereta api tersebut dirancang untuk angkutan cepat antara kedua kota tersebut dengan kecepatan 350 kilometer per jam, yang memotong waktu perjalanan jarak 200 kilometer itu menjadi kurang dari 40 menit. Menurut rencana, rute Shanghai-Hangzhou ini akan mengangkut 80 juta penumpang setiap tahunnya.

Kepala Insinyur Kementerian Kereta Api Tiongkok mengatakan kepada kantor berita Xinhua, Cina bertujuan untuk memimpin dunia dalam pembangunan rel kereta api kecepatan tinggi. Cinasudah mempunyai 7.000 kilometer rel kereta api untuk kecepatan tinggi yang sudah digunakan, dan berencana untuk memperluas jaringan itu hampir dua kali lipat.

Pemerintah Cina kini sedang membangun rel sepanjang 1.300 kilometer, bernilai 32,5 miliar dolar, antara Beijing dan Shanghai. Pembangunan rel ini dijadwalkan selesai pada tahun 2012.

sumber : voa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement