Ahad 03 Oct 2010 08:35 WIB

Hah...Orang Ateis di AS Punya Pengetahuan Agama Tertinggi?

Rep: c13/ Red: Arif Supriyono
Logo ateis
Logo ateis

REPUBLIKA.CO.ID, DALLAS--Entah benar atau tidak, para penganut ateis memiliki pengetahuan religi yang tinggi dibandingkan golongan lain. Mereka memang tak mempercayai Tuhan, tapi mereka tahu sesuatu tentang Tuhan.

Dalam survei yang dilakukan oleh Forum Agama dan Kehidupan Masyarakat Pew disebutkan, ateis memiliki angka pengetahuan agama tertinggi. Rata-rata orang Amerika menjawab secara benar 16 dari 32 pertanyaan tentang ilmu agama. Mereka memiliki nilai rata-rata 20,9. Selanjutnya penganut Yahudi menempati posisi kedua dengan nilai rata-rata 20,5.

Sementara itu, penganut agama Protestan hanya menjawab 16 pertanyaan dengan benar. Kemudian diikuti oleh penganut agama Katolik yang rata-rata nilainya adalah 14,7.

 

Sementara survei sebelumnya oleh Pew Research Center menunjukkan bahwa Amerika termasuk negara maju yang paling religius di dunia. Survei ini menunjukkan bahwa sejumlah besar orang Amerika tidak mengenai betul prinsip, praktik, sejarah, dan tokoh terkemuka dalam tradisi keimanan.

Hasil surve lain menunjukkan, empat dari 10 orang Katolik tidak tahu bila gereja mereka mengajarkan, bahwa roti dan anggur yang digunakan dalam komuni benar-benar menjadi tubuh dan darah Kristus. Setengah responden dari Protestan tidak mengidentifikasi Martin Luther sebagai orang yang memicu reformasi Protestan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement