Selasa 12 Oct 2010 06:18 WIB

3 Ekonom AS Sabet Nobel Ekonomi

ilustrasi
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SWEDIA--Dua warga negara Amerika Serikat, Peter Diamond, Dale Mortensen dan Chistopher Pissarides, meraih nobel ekonomi 2010. Selain itu, satu warga negara Inggris dan warga negara Siprus meraih penghargaan yang sama. Pengumuman itu disampaikan di Swedia Senin (11/10),

Mereka mendapatkan penghargaan tersebut terkait teori pembangunannya yang membantu menjelaskan bagaimana kebijakan ekonomi memberikan pengaruh terhadap pengangguran. Akademi Ilmu Pengetahuan Swedia mengatakan mereka memenangkan penghargaan bergengsi tersebut karena analisisnya terhadap pasar dengan solusi yang tanpa friksi atau gesekan.

"Para peraih nobel, telah membantu memberikan pemahaman terhadap bagaimana caranya mencari jalan keluar dari pengangguran, kesempatan bekerja dan gaji, yang memberikan pengaruh terhadap peraturan dan kebijakan ekomoni."

Diamond adalah ekonom dari Institut Teknologi Massachusett dan pejabat di Lembaga Jaminan Sosial. Pria yang berusia 70 tahun itu, juga merupakan pensiunan perusahaan dan perpajakan. Presiden Barack Obama telah menominasikan Diamond untuk menjadi anggota di Bank Sentral Amerika (The Fed).

Namun upaya itu ditolak oleh Senat, sebelum anggota parlemen kiri berkampanye untuk pemilu kongres paruh waktu. Sedangkan Mortensen, yang berumur lebih tua satu tahun, (71) adalah profesor ekonomi Universitas Northwestern Illinois. Sementara Pissarides profesor di London School of Economics.

sumber : CBSNees
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement