Jumat 15 Oct 2010 05:17 WIB

Malaysia Segera Tertibkan Praktik Pengobatan Spiritual

Praktik pengusiran setan di klinik Haron Din, Kuala Lumpur.
Foto: Reuters
Praktik pengusiran setan di klinik Haron Din, Kuala Lumpur.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR--Tokoh spiritual Haron Din mulai membaca ayat-ayat Alquran di kliniknya di pinggiran Kuala Lumpur, malaysia. Segera setelah itu, pasiennya yang diduga mengalami kesurupan mulai berteriak dan gelisah. tak lama kemudian dia menjerit, dan berangsur tertidur.

Eksorsisme di klinik penyembuhan  Haron ini berlangsung selama beberapa menit menit. Wanita itu membanting tinjunya berkali-kali di pangkuannya dan akhirnya menangis dalam ketaatan.

Belakangan, praktik penyembuhan model haron menjamur di Malaysia. Meski tidak umum, penggunaan pengusir setan dan bomoh, atau penyembuh iman, telah menyebabkan sebagian pemerintah untuk merancang undang-undang untuk mengatur praktisi pengobatan tradisional dan saling melengkapi.

"Karena orang kita menggunakannya, kita merasa perlu pengendalian untuk mencegah penyalahgunaan dan memastikan bahwa itu hanya dilakukan oleh praktisi yang berkualitas," kata Dr Ramli Abdul Ghani, Kepala Obat Tradisional dan Pelengkap Departemen Kesehatan Malaysia.

RUU Pengobatan Tradisional akan diajukan ke parlemen tahun depan. Nantinya, jika telah diundangkan, maka sekitar 11 ribu praktisi mulai dari akupunktur untuk homeopati hingga praktir pengusiran setan harus memperoleh izin praktik dari otoritas yang berkompeten.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement