Jumat 29 Oct 2010 04:40 WIB

KTT ASEAN di Hanoi Resmi Dibuka

Para pemimpin ASEAN
Foto: TST
Para pemimpin ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI--Pertemuan Puncak ke-17 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara yang diikuti oleh para pemimpin dari 10 negara Asia Tenggara secara resmi dimulai di National Convention Center, Hanoi, Vietnam, Kamis. Upacara pembukaan itu diikuti oleh 10 kepala pemerintahan negara anggota ASEAN, kecuali Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang harus membatalkan kehadirannya karena musibah bencana alam yang terjadi di Mentawai dan Merapi dan digantikan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Para pemimpin ASEAN, Presiden Filipina Benigno Aquino, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Najib Razak, PM Thailand Abhisit Vejjajiva, PM Kamboja Hun Sen, PM Myanmar Thein Sein, Sultan Brunei Sultan Hassanal Bolkiah, PM Laos Bouasone Bouphavanh, PM Vietnam Nguyen Tan Dung, Menko Perekonomian Indonesia Hatta Rajasa dan Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan mengabadikan pembukaan pertemuan puncak itu dengan saling bergandeng tangan dalam sesi foto khusus.

Tema pertemuan puncak tahun ini adalah "Menuju Masyarakat ASEAN: dari Visi ke Aksi" dengan PM Vietnam selaku Ketua bergilir ASEAN. Seusai upacara pembukaan, para pemimpin ASEAN menggelar pertemuan informal selama sekitar dua jam yang kemudian dilanjutkan dengan jamuan santap malam (informal working dinner).

Dalam rangkaian pertemuan puncak ke-17 ASEAN itu, 28-30 Oktober, akan diselenggarakan pula sejumlah pertemuan, antara lain, pertemuan rutin ASEAN+1, pertemuan puncak peringatan hubungan ASEAN-Selandia Baru, pertemuan puncak ke-3 ASEAN-PBB, pertemuan puncak ASEAN-Australia, pertemuan puncak ke-2 ASEAN-Rusia, pertemuan puncak ASEAN+3, pertemuan puncak ke-5 Konferensi Asia Timur dan pertemuan puncak Bisnis dan Investasi ASEAN.

ASEAN yang dibentuk pada 1967 beranggotakan Brunei,Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement